Hal - Hal Penyebab Timbulnya Stres

STRES adalah suatu reaksi tubuh yang muncul pada saat seseorang menghadapi suatu tekanan, ancaman, atau bahkan suatu perubahan. Stres juga bisa terjadi di karenakan adanya situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa gugup, marah, bersemangat hingga merasa putus asa.

Setiap manusia pasti akan bisa mengalami situasi dimana hal ini bisa di sebut juga dengan depresi atau stres di segala usia. Namun apa yang menyebabkan timbulnya hal tersebut belum di ketahui pasti. Para ahli kesehatan mental yang ada di seluruh belahan dunia telah menyimpulkan bahwa ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan terjadinya depresi atau stres yang paling umum di alami oleh setiap orang.

Stres ini paling banyak di alami oleh generasi milenial ( yang sekarang dlm usia produktif ). Bukan hanya buruk bagi kesehatan mental, kecemasan dan stres juga bisa berkaitan dengan resiko penyakit jantung, ganguan pernafasan kronis, migrain dan juga menyebabkan kondisi - kondisi buruk lainnya.

Seringkali kita tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari - hari juga bisa membuat kita mengalami hal yang di sebut dengan depresi atau stres. Diantaranya adalah : 
  • Kebiasaan Tidur Buruk
    Tidur yang tidak cukup memang sudah bukan suatu hal yang tak biasa lagi. Ini adalah salah satu faktor mengapa begitu banyak orang bisa mengalami stres. Kurangnya tidur juga dapat menyerang bagian otak yang berfungsi adanya oenyebab rasa cemas yang timbul pada manusia. Kemudian penyebab utama dari kurang tidur itu sendiri bisa berbeda - beda tergantung dari orang itu masing - masing. Namun yang sering terjadi adalah karena kesibukan dalam bekerja, menggunakan ponsel, laptop dll sebelum tidur. 
  • Pola Makan Tidak Teratur 
    Pola makan yang tidak teratur juga bisa menjadi pemicu timbulnya stress pada kondisi mental seseorang. Menunda waktu makan terlalu lama dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi tidak stabil sehingga menimbulkan adanya kecemasa, kebingungan hingga malas untuk berbicara. Kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi juga dapat menimbulkan hal yang sama
  • Trauma Psikis
    Trauma psikis yang terjadi pada saat masa kanak - kanak seperti : perceraian orangtua, kehilangan orangtua, hingga pelecehan seksual
  • Memendam Emosi 
    Hal yang satu ini mungkin lebih sering terjadi pada kehidupan kita sehari - hari. Memendam emosi setelah merasa kehilangan orang yang sangat di cintai atau di khianati dan di kecewakan membuat seseorang bisa merasakan stress atau depresi
  • Faktor Lingkungan
    Contoh faktor lingkungan adalah lingkungan pekerjaan. Stres karena pekerjaan di kantor juga bisa menimbulkan depresi pada diri kita
  • Kopi
    Meminum kopi biasanya sering kita lakukan untuk membuat kita bisa sedikit menjadi lebih fokus dalam bekerja atau sekedar menenangkan pikiran. Namun dalam jangka waktu beberapa jam kedepan efek dari meminum kopi tersebut bisa membuat kita menjadi lebih sensitif, cemas, gugup hingga mudah tersinggung.
Diatas tadi adalah sebagian besar hal - hal penyebab timbulnya stres dalam diri kita. Akan tetapi dengan adanya hal tersebut bukan berarti tidak ada pemecahan solusi dari semua penyebab tadi. Jika ada penyebab maka akan ada solusi yang bisa kita lakukan agar stres itu tidak sering terjadi dan timbul dalam diri kita. Solusi yang bisa kita lakukan di antara lain : 
  • Olaharaga Secara Rutin
  • Pola Makan yang Seimbang dan Bergizi
  • Tidur Yang Cukup
  • Melakukan aktifitas yang sekiranya membuat bahagia dan merasa senang
  • Tidak mengkonsumsi ALKOHOL
  • Mengurangi Kafein
Nahh sahabat GeminiHoki.com, Selain dengan merubah kebiasaan dan gaya hidup kalian juga bisa melakukan beberapa relaksasi untuk melakukan peregangan otot dan otak seperti halnya meditasi, yoga, aromaterapi dan masih banyak lainnya.

Selain dengan cara itu, kita juga harus selalu mempunyai cara pandang yang postif dalam segal kondisi. 

Sekian dulu dari saya, semoga artikel yang saya buat bisa menjadi manfaat bagi sahabat pembaca dalam kehidupan sehari - hari :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages