Cara Mengatasi Gigi Ngilu



Hallo sahabat setia GeminiHoki.com, Salah satu masalah kesehatan yang palin sering di alami oleh kebanyakan orang adalah maslah ngilu pada gigi. Tak hanya ngilu, masalah gigi yang sensitif seringkali bisa membuat kepala kita pusing yang tentu saja  bisa menghambat kegiatan kita sehari - hari.

Dengan adanya gigi sesitif yang menyebabkan ngilu pada gigi, tentu sangat aktivitas sehari - hari seperti hal nya pada saat makan, minum dan menyikat gigi. Akan tetapi, jika kalian sudah tau apa yang bisa menyebabkan gigi ngilu mungkin bisa saja kalian cegah dan atasi masalah tersebut.

Hal - Hal Yang Menyebabkan Ngilu Pada Gigi

Gigi yang ngilu biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah lapisan gigi yang di sebut juga dengan email gigi sudah mulai terkikis. Karena hal tersebut maka gigi akan menjadi sangat sensitif.

Kemudian faktor - faktor lain yang juga bisa menyebabkan gigi ngilu adalah :

  • Radang Pada Gusi
  • Lubang Pada Gigi - Gigi yang berlubang dapat menyebabkan bersarang nya bakteri.
  • Radang Yang Terjadi Pada Gusi
  • Efek samping dari pemutih gigi
  • Menyikat gigi yang terlalu kencang
  • Plak yang menumpuk
  • Sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam
  • Gigi Yang retak
  • Faktor Usia
Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Nahh setelah kalian sudah mengetahui faktor - faktor apa saja yang bisa membuat gigi sensitif dan menjadi ngilu, maka kalian juga harus tahu bagaimana cara mengatasi nya. Berikut adalah Cara Mengatasi Gigi Ngilu : 
  1. Hindari Kafein
    Cara mengatasi gigi ngilu yang pertama adalah hindari kafein. Bagi yang mempunyai gigi sensitif, ada baiknya untuk menghindari minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi. Tak hanya kafein saja, bahkan minuman yang sekiranya mengandung alkohol dan juga mengandung asam sebaiknya juga di hindari terlebih dahulu. Karena minuman - minuman tersebut bisa membuat lapisan gigi menjadi lebih terbuka sehingga gigi kalian menjadi lebih sensitif dan akan lebih mudah tersasa ngilu.
  2. Tidak Menggeretakkan Gigi
    Salah satu yang bisa menyebabkan gigi menjadi ngilu dan sering tidak kita sadari yaitu kebiasaan orang yang selalu meggeretakkan gigi pada saat tidur. Hal itu tentu saja akan membuat enamel pada gigi menjadi lebih cepat terkikis. Jadi ada baiknya kondisi ini segera di konsultasikan kepada dokter.
  3. Berkumur Dengan Air Garam
    Berkumur dengan menggunakan air garam hangat dapat membantu merontokkan kotoran yang ada pada gigi berlubang atau diantara sela - sela gigi. Hal ini juga dapat membuat gigi yang ngilu menjadi berkurang dan juga dapat meredakan tenggorokan yang sakit.
  4. Mengompres Dengan Air Es
    Kompres yang kalian lakukan dengan air es dapat mambantu meredakan gigi yang ngilu terutama jika sakit gigi atau gusi bengkak. Cobalah kompres pipi kalian dengan menggunakan air es untuk membius rasa ngilu pada gigi kalian selama beberapa menit.
  5. Menggunakan Pasta Gigi Khusus
    Cara mengatasi gigi ngilu yang berikutnya adalah menggunakan pasta gigi khusus. Kalian semua pasti pernah mendengar dan melihat tentang iklan - iklan yang ada pada layar tv kalian yang menyebutkan jika pasta gigi dapat membantu mengatasi gigi yang ngilu kan? Penderita gigi sensitif memang seharusnya menggunakan pasta gigi khusus. Hal ini tentu saja dapat membantu masalah gigi sensitif mereda.
Perawatan yang rutin untuk menjaga Kebersihan gigi adalah kunci yang paling utama yang bisa kalian lakukan untuk pencegahan gigi ngilu dan sensitif. Jika kalian masih merasakan ngilu pada gigi kalian setelah melakukan cara - cara seperti yang diatas maka segeralah konsultasi kepada dokter gigi.

SELAMAT MENCOBA 😍😘

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages