Tempat Berburu Batik Di Kota Solo

Hallo sahabat setia GeminiHoki.com, pada kesempatan kali ini kita kembali lagi akan membahas tentang Kota Solo. Pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas adalah tentang salah satu kepunyaan dan kebanggan dari Kota Solo ini sendiri. Apakah itu? Batik

Pada saat sahabat traveler berkunjung ke Kota Solo menggunakan pesawat, saat pertama kali menginjakan kaki di Bandara Adisumarmo, Boyolali, aura kota batik sudah sangat kental terasa. Pasalnya, Interior bandara di dekorasi dengan sejumlah motif - motif batik yang sangat apik. Sepanjang perjalanan menuju Kota Solo pun terpampang billboard dan baliho - baliho yang menginformasikan begitu banyak tempat produksi batik dan pusat perbelanjaan batik di Solo.


Tempat Berburu Batik Di Kota Solo


Tak hanya wanita saja ternyata yang mempuyai hobby berbelanja pada saat mereka melakukan traveling. Para pria juga sekarang ini mempunyai hobby yang sama dengan wanita yaitu berbelanja sebelum mereka melakukan perjalanan pulang sehabis traveling. Mereka pasti mencari dan berburu souvenir yang sudah menjadi salah satu ciri khas dari Kota yang mereka kunjungi. Salah satunya adalah Batik Indonesia


Kali ini kita akan membahas Tempat Berburu Batik Di Kota Solo yang sering di datangi para traveler pada saat berkunjung ke Kota Solo ini

  • PUSAT GROSIR SOLO
PGS adalah singkatan dari Pusat Grosir Solo yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang sangat terkenal dan cukup besar juga lengkap yang berada di pusat Kota Surakarta. Para pedangang melayani pembelian berupa grosir dan eceran terutama untuk produk batik dan juga sandang lain nya.

Alamat : JL.Mayor Sunaryo No.01 Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta - Jawa Tengah
  • BETENG TRADE CENTRE 
BTC singkatan dari Beteng Trade Centre yang juga merupakan pusat perbelanjaan yang tempat nya bersebelahan dengan PGS. BTC ini juga menjadi pusat bisnis dan perdagangan tekstil terbesar dan terlengkap di Kota Solo dan sekitarnya. Tak hanya menjual batik saja, disini jugs menjual berbagai macam sepatu, tas, pakaian. Lokasi BTC ini sangatlah strategis karena sangat mudah untuk di lalui yang juga berbatasam dengan kompleks Keraton Kasunanan Surakarta, yang memang merupakan tujuan dari turis mancanegara maupun domestik.

Alamat : JL.Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta - Jawa Tengah

  • LUMBUNG BATIK
Lumbung Batik ini merupakan tempet berburu batik terbaru di Kota Solo. Didalam Lumbung Batik terdapat kurang lebih 40 gerai batik yang menjual produk - produk batik. Tempat ini di dirikan oleh Koperasi Pamong Pengusaha Batik Surakarta ( PPBS ) pada tahun 2010 dan kemudian di resmikan oleh Bapak Joko Widodo yang masih menjabat sebagai Walikota Surakarta pada saat itu.

Alamat : JL. Agus Salim 17 Kel.Sondakan, Kec.Laweyan, Solo - Jawa Tengah

  • KAMPUNG BATIK LAWEYAN

Pemerintahan Solo memang sengaja menyediakan kampung batik laweyan ini sebagai salah satu Daerah wisata agar dapat mengundang para wisatawan asing dan domestik melihat - lihat Batik. Kampung batik laweyan ini sudah ada sekitar tahun 1546 M  sejak zaman kerajaan Pajang

Kampung batik laweyan ini adalah ikon wisata batik yang ada di Kota Solo. Selain kalian dapat berbelanja batik dengan harga murah, kalian juga bisa melihat proses pembuatan batik secara langsung.

Alamat : JL. Doktor Radjiman No. 521  Laweyan, Surakarta - Jawa Tengah
  • KAMPUNG BATIK KAUMAN





Lokasi kampung batik kauman ini dekat dengan mesjid Keraton Kasunanan Surakarta. Warga kampung kauman ini memproduksi sendiri batik - batik mereka dan kemudian menjualanya secra grosir dan juga eceran. Tak jauh beda dengan kampung batik laweyan, disni kalian juga dapat melihat secara langsung proses bembuatan batik. Di sini juga kalian dapat membeli batik tulis loh.
  •   BATIK DANAR HADI
House of Danar Hadi adalah salah satu toko / butik yang menjual berbagai macam batik dengan disain dan bahan yang berkualitas. Jenis batik yang dijual berupa pakaian formal dan kasual pria, wanita dan juga anak - anak. Tak hanya pakaian saja, namun di sini juga menyediakan berbagai macam souvenir. Danar Hadi ini selalu saja menghadirkan tren fashion yang sangat kekinian dan selalu up to date.

Alamat : JL. Dr. Radjiman 164 Solo - Jawa Tengah

  • PASAR KLEWER 
Sesungguhnya batik ini adalah salah satu identitas Kota Solo yang sudah terkenal sampai ke segala penjuru. Pasar Klewer ini merupakan urat nadi dari bagian kota tersebut sehingga mampu membuatnya terus bergerak. Pasar Klewer ini merupakan salah satu kebanggaan milik kota solo di karenakan tempat ini menjadi salah satu pusat penjualan terbesar di Jawa Tengah. 

Jenis yang di jual di dalamnya sangat lah beragam. Layaknya sebuah pasar biasa, di sini juga kalian bisa melakukan transaksi jual beli dengan cara tawar menawar. Kalau kalian pintar menawar, maka kalian akan mendapatkan harga yang sangat murah

Solo menjadi Kota yang sangat populer di karenakan mantan Walikota nya menjadi orang nomer 1 di Negeri ini. Oleh sebab itu, Kota solo mempunyai daya magnet tersendiri dan itulah tadi  beberapa Tempat Berburu Batik Di Kota Solo. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages